Tim Pokja II Jatim Kunjungi Desa Pilot Project PHBS

Untuk mencapai Rumah Tangga ber PHBS yang melakukan 10 PHBS yaitu :
1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
2. Memberi ASI ekslusif
3. Menimbang balita setiap bulan
4. Menggunakan air bersih
5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
6. Menggunakan jamban sehat
7. Memberantas jentik dd rumah sekali seminggu
8. Makan buah dan sayur setiap hari
9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
10.Tidak merokok di dalam rumah

Reporter Arto
Editor Munichatus Sa’adah SPsi

 

Gresik – Rombongan kelompok kerja (Pokja) III Provinsi Jawa Timur (Jatim), yang dipimpin langsung oleh Imrotin Sukardi melakukan kunjungan ke desa Kedungsumber kecamatan Balongpanggang kabupaten Gresik,  memantau program desa Pliot project PHBS, Selasa (30/11/2021).

Program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat ini,  yang lazimnya digelar tiap tahunnya, sempat tertunda karena adanya pandemi covid-19.

Kini program tersebut dijalankan kembali, salah satunya diawali melihat langsung ke desa Kedungsumber yang menjadi jujukan kelompok.kerja (Pokja) III mewakili kabupaten Gresik.

Disana rombongan memantau di beberapa ke lokasi, diantaranya Dusun Gowa melihat kondisi rumah data dan Dusun Kedung Watu memantau rumah sehat, yang menjadi desa Pilot Project Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang menjadi percontohan.

Saat berada dilokasi ketua tim Pokja III Jatim didampingi ketua PKK kabupaten Gresik bu
Nurul Haromaini Ali  Fandi Ahmad Yani,
Ketua PKK Kecamatan Balongpanggang Ning Suminarsih Yusuf, ketua tim pengerak PKK desa Kedumgsumber Ibu Suci Atminamingsih Wahono.

Juga ikut hadir  Plt.Dinas Kesehatan dr. Mukhibatul Khusnah, M.Ml, Dharief Dahlawy,SKM, selaku Kabid KB dan Pengendalian Penduduk dari Dinas KBPP & PA jajaran Muspika Balongpanggang, UPTD Puskesmas Balongpanggang dr.Erna beserta kader PKK setempat.


Semua tamu undangan maupun yang hadir dikegiatan tersebut patuhi protokol kesehatan kesehatan (Prokes) ketat,  selain pakai masker juga wajib cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Ketua Pokja III Jatim Imrotin Sukardi dalam.pernyataannya mengatakan desa Kedungsumber.luar biasa selain warga disini ramah juga penyambutannya sangat baik is the best pokoknya.

Kami senang melihat keterlibatan masyarakat disini, sangat kompak membantu mensukseskan program in, berharap  kedepannya bisa lebih baik lagi.

Ketua Pokja III ini menambahkan baru pertama kali mengunjungi Gresik, total ada 9 kabupaten di Jawa Timur yang mengikuti PHBS ini.

“Dirinya belum bisa.memastikan target lolos dan tidaknya, karena baru 1 kabupaten ini yang dikunjungi tapi keseluruhan hasil dilapangan bagus”, ungkapnya.


Sementara ketua PKK kabupaten Gresik Ibu Nurul Haromaini Ali Fandi Ahmad Yani menyampaikan optimis lolos, kan ada 9 kabupaten.

Sembari menyebutkan ada 10 indikator dalam PHBS diantaranya salah satumya memberikan bayi asi, makan sehat dan olah raga tepat guna.

Terlebih  dia berharap tidak hanya proses lomba atau ceremonial saja, akan tetapi PHBS  harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Ibu Nurul Haromaini mengakui di Gresik sendiri sebenarnya terdapat 6 sampai.10 desa pilot project, karena keterbatasan waktu maka, pilihan dijatuhkan ke desa Kesungsumber yang dinilai siap di PHBSnya.

Dirinya berpesan kepada kader PKK desa Kedungsumber, kami akan dukung sepenuhnya  untuk kegiatan ini, supaya apa yang kita laksanakan ini bisa menghasilkan hasil yang terbaik, katanya penuh harap.

Dirinya berpesan kepada kader PKK desa Kedungsumber, kami akan dukung sepenuhnya  untuk kegiatan ini, supaya apa yang kita laksanakan ini bisa menghasilkan hasil yang terbaik, katanya penuh harap.

“Perlu diketahui saat berada di rumah data dusun Gowa ketua tim Penggerak PKK kabupaten Gresik ini, didampingi Plt Dinas Kesehatan Gresik dr. Mukhibatul Khusnah, M.M, meneguk segelas minuman segar es cao bercampur gula merah, mantap rasanya”, pungkasnya.

 

85630cookie-checkTim Pokja II Jatim Kunjungi Desa Pilot Project PHBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *